Thursday, October 21, 2010

Donat Kampung

Judulnya norak ye???? Terserah deh...he...he

Sebenarnya pengen bikin donat kampung itu sejak sebulan lalu, tap moodnya baru dapat hari ini. Disini donat mah boanyak dari yang masih mentah sampai yang tinggal di masukin kemulut. Pilihan rasa juga tak kalah banyak, tapi leher ndeso ku kangeennn ama donat kampung yang rasanya gak semanis donat disini.


Resepnya saya dapat di MP mba Muylinda disini, saya hanya mengurangi jumlah airnya karena mungkin tepung terigu yang saya gunakan kelembabannya lebih tinggi. Selain itu saya tidak menambahkan garam pada adonan, rasa asin adonan diperoleh dari margarin.

Bahan

500 gr tepung terigu
11 gr ragi instan
250 cc air susu hangat-hangat kuku/air hangat (saya gunakan air hangat)
60 gr mentega (pake blueband import)
4 sdm gula pasir
2 sdm susu bubuk
3 butir kuning telur


Cara membuat

  • Campur tepung terigu, gula pasir, ragi instant dan susu bubuk. aduk rata, buat lubang di tengahnya, masukkan kuning telur satu persatu, aduk rata, buat lagi lubang di tengahnya masukkan air sedikit demi sedikit, uleni sampai tidak lengket di tangan.
  • lalu diamkan kira-kira 30 menit, sampai mengembang.
  • bentuk bulat-bulat lalu diamkan lagi kira-kira 15 menit.
  • lalu adonan yang bulat-bulat tadi di buatkan lubang di tengahnya, (kalo punya cetakan lebih baik lagi, tinggal di tekan saja).
  • lalu di goreng dalam minyak yang banyak dan panas sedang (gak terlalu panas) sampai kuning kecoklatan. Saat menggoreng boleh menggunakan chopstick untuk memutar bulatan agar tetap bulat sempurna
Selamat mencoba

0 comments:

Post a Comment